Langsung ke konten utama

Catat, Ini Tips Beli Rumah untuk Pasangan Baru

Apakah kamu pasangan baru yang mencari rumah dijual di depok? Atau kamu mencari rumah dijual di Bekasi? Bagi pasangan baru, menemukan hunian ideal adalah impian.

Meski begitu, membeli rumah harus dilakukan dengan pertimbangan matang mengingat rumah tidak didapat dengan harga yang murah atau bahkan membutuhkan komitmen jangka panjang.

Tips Beli Rumah untuk Pasangan Baru

Tips Beli Rumah untuk Pasangan Baru

Bagi pasangan baru yang belum memiliki banyak pengalaman, mencari rumah bisa menjadi hal yang membingungkan. Tapi tenang, berikut beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan saat memutuskan untuk mencari rumah.

1. Tentukan lokasi

Menentukan lokasi merupakan salah satu hal penting sebelum membeli rumah. Pastikan rumah berada di lokasi yang nyaman dan dengan akses yang baik terutama menuju pusat keramaian. Kamu juga bisa mencari rumah yang dekat dengan pusat aktivitas kamu sehari-hari seperti kantor atau sekolah anak. Dengan begitu, mobilitas sehari-hari menjadi lebih nyaman dan mudah.

Perhatikan pula jarak rumah dari gerbang tol atau transportasi umum seperti stasiun, terminal, atau bandara. Hal ini untuk memudahkan kamu saat menggunakan transportasi umum. Akses menuju rumah juga merupakan hal yang penting, misalnya apakah rumah berada di pinggir jalan besar atau justru berada di gang sempit. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

2. Buat perhitungan

Sebagai pasangan baru, penting untuk membuat perhitungan serinci mungkin. Pastikan harga rumah dijual di Bekasi sesuai dengan budget, tabungan, atau penghasilanmu. Jika kamu berencana untuk membeli rumah melalui skema KPR, pastikan bahwa cicilan per bulannya masih sesuai dengan total penghasilan dan tidak akan mengganggu arus kas sehari-hari.

Mengingat membeli rumah adalah langkah besar dan membutuhkan komitmen jangka panjang, perhitungan yang matang sangatlah penting. Skema KPR membutuhkan komitmen belasan atau bahkan puluhan tahun. Terdapat pula bunga KPR floating yang memungkinkan besaran cicilan semakin naik dari tahun per tahun. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperhitungkan juga proyeksi kenaikan cicilan dengan kemungkinan penambahan penghasilan.

3. Tentukan beli rumah baru atau bekas

Terdapat dua jenis rumah yang bisa dijadikan pilihan, yaitu rumah baru dan rumah bekas. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan membeli rumah baru, biasanya tidak banyak PR yang harus kamu lakukan karena bangunan masih baru, sehingga kualitas dan kelayakan bangunan tidak perlu dipertanyakan. Kamu kemungkinan hanya membutuhkan renovasi dari segi desain.

Meski begitu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli rumah baru biasanya lebih besar terutama untuk biaya administrasi, legalitas, dan lain-lain. Rumah baru biasanya juga dibanderol dengan harga yang lebih tinggi oleh pihak developer.

Sementara itu, membeli rumah bekas biasanya dikenakan harga yang lebih rendah tergantung pada kondisi dan lokasi rumah. Meski begitu, biasanya terdapat banyak PR yang perlu dilakukan seperti merenovasi bagian atap, tembok, serta mengecek kelayakan air.

4. Pastikan developer

Jika kamu memutuskan untuk membeli rumah baru, penting untuk memastikan kredibilitas developer. Pastikan bahwa developer terpercaya dan menjamin hunian berkualitas tinggi.

Salah satu platform jual beli rumah terpercaya dan terlengkap adalah Dekoruma Properti, di mana kamu bisa mencari rumah baru atau bekas di berbagai daerah dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

5. Pastikan lingkungan sekitar

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan lingkungan sekitar. Pastikan kamu memilih rumah yang berada di lokasi aman, nyaman, dan bebas banjir. Hal ini untuk menunjang kenyamananmu dan keluarga selama tinggal di hunian ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Pengalaman Jadi Pengawas SNBT 2023

Selasa, 9 Mei 2023 lalu adalah pengalaman pertama kali saya menjadi pengawas Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meski sudah menjadi dosen selama 18 tahun, kemungkinan pihak kampus mengatur giliran tugas pengawasan kepada tiap dosen.  Uniknya saya jadi pengawas di tahun putri sulung juga mengikuti SNBT di tahun ini pula. Jadilah ibu dan anak sama-sama ambil bagian di perhelatan terpenting tahun ini bagi siswa-siswi kelas XII tahun 2023.  Bedanya saya mengawas di Pusat UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) di Universitas Negeri Medan (Unimed). Sementara anak kami ujian di Pusat UTBK di Universitas Sumatera Utara (USU). Saya mengawas hari Selasa, sedangkan Rara ujian keesokan harinya yaitu Rabu, 10 Mei 2023 pada sesi siangnya. Bersyukur juga sih sama-sama dapat sesi siang, soalnya kalau pagi khawatir telat karena harus sampai di lokasi pukul 05.45 WIB atau satu jam sebelum jam mulai yaitu 06.45 WIB peserta memasuki ruang ujian. Perbedaan UTBK SBMPTN dengan SNBT Banyak kekeliruan menyebut

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan